I’tiraf (Pengakuan)

Ya Allah! Hanya kepada-Mu kami mengakui kelemahan-kelemahan kami, kekurangan-kekurangan kami, keteledoran-keteledoran kami, kecerobohan-kecerobohan kami, kebodohan-kebodohan kami, kesalahan-kesalahan kami, pelanggaran-pelanggaran kami, kemaksiatan-kemaksiatan kami, dan dosa-dosa kami, selama ini. Baik yang kami sengaja ataupun yang tidak kami sengaja. Baik yang kami sadari ataupun yang tidak kami sadari. Baik yang besar ataupun yang kecil. Baik yang dulu ataupun yang sekarang. Baik yang tersembunyi ataupun yang terang benderang. Dan baik kesalahan itu bersifat syar’i (pelanggaran terhadap hukum syareat Allah), ataupun bersifat kauni (pelanggaran terhadap hukum sunnatullah).

Jujur, ya Allah, kami mengaku hanya kepada-Mu, bahwa, semua itu ada pada diri kami yang teramat dhaif ini. Tidak akan kami memungkirinya di hadapan-Mu. Mungkin saja kami bisa menyembunyikannya dari seluruh manusia di muka bumi-Mu ini. Karena memang Engkau-pun mewajibkan agar kami selalu menutup aib-aib kami! Namun mustahil kami mampu bersembunyi dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Tahu segala sesuatu!

Akan tetapi, ya Allah, wa ya Rahman, wa ya Rahim, wa ya Fattah wa ya ‘Alim, wa ya Mannan wa ya Karim, wa ya Sattar wa Qadir! Di saat yang sama, dengan penuh pengakuan akan kerendahan dan dosa diri, serta kejujuran dan kesungguhan hati, kami bersimpuh, bermunajat, seraya berharap dan bermohon hanya kepada-Mu, ya Allah, agar Engkau memasukkan kami ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang Engkau pilih untuk Engkau rahmati kelemahannya, Engkau kasihani kebodohannya, Engkau ampuni kesalahan dan dosanya, serta Engkau tutupi aib dan rahasianya!

Ya Allah! Mohon, janganlah Engkau sikapi dan perlakukan kami dengan cara yang sebenarnya pantas kami terima, sesuai kadar kesalahan kami sebagai manusia yang penuh noda dan dosa! Namun sikapi dan perlakukanlah kami, ya Allah, dengan cara yang pantas bagi-Mu, sesuai dengan sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim-Mu!

Ya Allah! Kami sungguh beristighfar memohon ampunan-Mu. Kami yakin bahwa, rahmat, kasih sayang dan pengampunan-Mu, adalah jauh lebih luas daripada seluruh kesalahan, kekurangan, keteledoran dan dosa-dosa kami!

Maka mohon, rahmatilah kelemahan kami, ya Allah! Kasihanilah kebodohan kami, ya Allah! Ampunkanlah dosa dan kesalahan kami, ya Allah! Serta tutupilah aib kami dan tabirilah rahasia kami, dengan tabir penutup yang indah dari-Mu, ya Allah!

Aamiin!

Leave a comment

Filed under Doa dan Keajaibannya, Istighfar dan Keajaibannya, Tazkiyah dan Akhlak

Berbagi Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s