Bagaimana Menyembuhkan Korban Guna-guna?

Ass. wr. wb.

Sudah 10 hari ini teman saya mengalami kegelisahan saat menjelang magrib dan fajar. Dia baru memutuskan pacarnya. Setelah kejadian itu, dia merasa gelisah saat menjelang magrib dan fajar. Sampai dia sakit kepala, sesak nafas, mengalami ketakutan tentang hal ghaib, insomnia, mimpi buruk.

Padahal dari pengakuannya sendiri sebenarnya dia ga terlalu mempermasalahkan masalahnya itu. Teman saya merasa kena guna-guna. Dia juga telah berobat ke Kyai dan telah diberikan amalan doa-doa. Dia juga sudah rutin melakukan Qiyamul Lail. Antara percaya dan tidak, saya mendengarkan penjelasan dari teman dekatnya tentang guna-guna ini. Apakah benar teman saya ini kena guna-guna? Kalau benar, bagaimana menyambuhkannya?Mohon bantuannya. Terima kasih.

Wassalaamulaikum wr. wb.

Jawab :

Alhamdulillah, wash-shalaatu was-salaamu ‘alaa Rasulillah, amma ba’du:

Istilah guna-guna yang digunakan masyarakat selama ini bisa berarti sihir secara umum, yang berarti sama dengan istilah santet, atau terkadang juga digunakan dengan makna salah satu jenis tertentu dari sihir, yakni jenis sihir yang bisa menanamkan rasa suka dan cinta pada seseorang yang juga disebut sihrul mahabbah (sihir pelet) atau sebaliknya untuk menanamkan kebencian dan permusuhan terhadap orang tertentu, yang disebut sihrut tafriq (sihir pemisahan dan pemutusan hubungan antar sesama). Dan sihir atau guna-guna atau pelet atau apapun nama dan istilahnya, dengan segala jenis dan macamnya, secara faktual ada dan banyak sekali sejak dulu sampai sekarang. Dan sihir disebutkan di dalam banyak ayat Al-Qur’an, misalnya dalam QS. Al-Baqarah [2]: 102, dalam ayat-ayat tentang kisah para penyihir Fir’aun dan lain-lain. Di dalam hadits juga banyak sekali. Sementara itu umumnya sihir terjadi melalui proses kerja sama dan kolaborasi tertentu antara manusia (penyihir) dan jin (sebagai pembantu dan pelaksana sihir), secara langsung atau tidak langsung. Dan di dalam hukum Islam, sihir dihukumi sebagai salah satu kejahatan dan dosa besar terbesar. Sehingga di dalam salah satu hadits yang menyebutkan tujuh bentuk kejahatan dan dosa besar terbesar yang paling membinasakan, kejahatan sihir ditempatkan pada urutan kedua setelah kejahatan syirik secara langsung (lihat HR. Muttafaq ‘alaih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu).

Apa yang terjadi dan dialami oleh teman Anda memang kemungkinan besar termasuk indikasi adanya faktor guna-guna atau sihir. Namun tentu kami belum bisa memastikan hal itu. Biasanya masih perlu dilakukan proses diagnosa, deteksi, dan sekaligus terapi untuk akhirnya bisa benar-benar memastikan adanya faktor guna-guna atau sihir tersebut.

Adapun bagaimana cara menyembuhkan dan menerapinya, maka singkatnya ya melalui proses terapi ruqyah syar’iyah, baik yang dilakukan oleh yang bersangkutan sendiri secara langsung, dan ini yang lebih utama dan diutamakan, maupun melalui  bantuan ruqyah yang dilakukan oleh orang lain.

Sedangkan ruqyah (diartikan jampi-jampi atau suwuk) adalah sebuah terapi dengan cara pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan do’a-do’a perlindungan yang bersumber dari sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, yang dilakukan seorang muslim, baik dengan tujuan untuk penjagaan dan perlindungan diri sendiri atau orang lain dari pengaruh buruk pandangan mata manusia dan jin (al-‘ain), kerasukan jin, pengaruh sihir, gangguan kejiwaan, berbagai penyakit fisik dan lain-lain; Maupun dengan tujuan untuk terapi pengobatan dan penyembuhan bagi orang yang telah terkena salah satu diantara jenis-jenis gangguan dan penyakit tersebut. Tapi saat ini terapi ruqyah lebih dikenal secara khusus untuk penyembuhan gangguan kerasukan jin, sihir, guna-guna dan semacamnya.

Istilah ruqyah perlu disertai kata syar’iyah, sehingga menjadi ruqyah syar’iyah dimaksudkan bahwa, terapi ini dalam pelaksanaannya harus benar-benar murni sesuai dengan batasan-batasan Syari’ah Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dan hal itu baik dalam hal kemurnian aqidah & ibadah, niat dan tujuan, muatan dan isi, maupun tata cara pelaksanaan. Jadi harus benar-benar bersih dari unsur-unsur campuran yang tidak berdasar (bid’ah) dan yang melanggar hukum Syara’.

Sehingga perlu diingatkan bahwa, dalam mencari atau meminta terapi ruqyah, seseorang harus berhati-hati dan selektif, agar tidak salah dan menyimpang. Karena tidak semua yang memberikan layanan terapi ruqyah dengan bacaan Al-Qur’an atau dzikir itu mesti benar dan ditolerir. Bahkan tidak sedikit diantara mereka, yang justru telah menyimpang dan salah jalan. Jadi yang harus dicari adalah ruqyah syar’iyah tersebut, yakni yang benar-benar murni tanpa dicampuri dengan hal-hal yang mengandung unsur pelanggaran syar’i, seperti yang marak terjadi di masyarakat saat ini.

Dan jika ingin mengetahui lebih banyak dan luas tentang terapi ruqyah ini, maka silakan membaca buku-buku ruqyah syar’iyah yang sudah cukup banyak beredar selama ini. Atau silakan berkonsultasi ke klinik-klinik ruqyah syar’iyah atau ustadz-ustadz peruqyah syar’i yang ada.

Demikianlah jawaban yang bisa kami berikan, semoga dipahami dan bermanfaat.

Wallahu a’lam, wa Huwal Muwaffiq ilaa aqwamith-thariiq, wal Haadii ilaa sawaa-issabiil.

Advertisements

9 Comments

Filed under Konsultasi

9 responses to “Bagaimana Menyembuhkan Korban Guna-guna?

  1. Assalamualaikum ustad, bagaimana cara menyembuhkan orang yg terkena sihrul mahabbah??? Amalan” seperti apa yg harus saya lakukan?? Sebelumnya saya dan calon istri saya sudah merencanakan pernikahan 1bulan lagi, tapi tiba” dia lupa semuanya dan membenci saya, setiap hari saya kirim fatikhah ke dia, tpi tetap blom ad perubahan, mohon bantuannya.. Terimakasih
    ​​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

  2. marin

    Assalamualaikum Sdr Sigit, mgkn anda perlu baca web ini: http://m.kaskus.co.id/thread/52c69f10c0cb171a418b4639/ruqyah-dan-penyembuhan

    Disana ada beberapa cara penyembuhan. Atau bisa beli air rukyah di rumah ruqyah:02170035459.
    Semoga calon anda segera sembuh dgn izin Allah dan jodoh menikah dgn anda. Aamiin ya Rabb

  3. marin

    Assalamualaikum wr.wb, mgkn utk penyembuhan anda bisa baca web ini:
    http://m.kaskus.co.id/thread/52c69f10c0cb171a418b4639/ruqyah-dan-penyembuhan

    Disana ada beberapa cara penyembuhan. Atau bisa beli air rukyah di rumah ruqyah:02170035459.
    Semoga yg sakit segera sembuh dgn izin Allah. Aamiin ya Rabb

  4. desy

    Assalamualaikum wrong.wb
    Mf ustad ..kl blh saya tau ciri2 org kena pelet spt ap,,, soalnya adik pcr sya spt terkena pelet .., trma ksh ustad wassalam

  5. Anis fitria

    Assalamualaikum ustad ini bp saya udah ke rumah sakit udah ke pngbtan tradisional ko blom sembuh’?”a ustad tpi d dakam mimipi ibu saya ada yang jahat sama kluarga saya dengan menaro paku payung d dpn rmh saya itu mksud’a apa bp saya di guna”a ustad

  6. Putri

    Asalamualaikum, ustad saya mau tanya mama saya sering baget sakit di bagian tubuh y, tpi saya sudah kedoter kta dokter mama saya gk ada penyakit apa2, pak ustad saya mohon sembuhkan mama saya gimana, apa saya boleh minta nomor pak ustad makasih wasalam

  7. dinanaila

    Assalamualaikum, ada seorang istri yg suaminya senang selingkuh. trs sama temennya sang istri dibawa ke seorang haji. sang istri diberi air dan garam untuk diminumkan ke suami, apakah itu termasuk syirik atau bukan?

  8. dulu kakek dan uwa saya dukun sakti.. saya sbg keturunan kok hdup saya suram, otak dan tenaga saya lemot, jodoh dan rejeki saya susah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe, tp lamaran saya ditolak, saya 15 thn sering marah marah, susah tidur, berkata kotor, banting barang kadang, ingin bunuh diri dll.. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. nur tdk pernah minta macam macam dg saya. cinta pertama saya sdh lama.. dulu thn 2001 saat saya merantau ke majalaya bandung.saat saya baru mengundurkan diri dari perusahaan, saya sendirian di kontrakan. daripada jenuh shg saya main ke ciparay, kemudian saat pulang naik angkot, tiba tiba ada cewe naik angkot (karyawati pabrik sptnya krna itu jam jam karyawan pada berangkat kerja shift sore sekitar jam 2) saya langsung kaget, krna dia cantik bngt spt artis hongkong. sesamapainya di kontrakkan, teman saya (ginanjar) datang saya langsung menceritakan kpd teman bahwa saya ketemu cewe cantik diangkot. meski saya sdh sering ketemu dg cewe cantik, tp dia beda, wajahnya spt bercahaya, orgnya juga pendiam dan lemah lembut. teman saya menyarankan saya esuk hari nya utk mencari dia ke ciparay lagi. esok hari nya pada sore hari spt kemarin, saya ke ciparay lagi. saya cari cari cewe itu sampai 20 menitan tp tdk ada juga, shg saat ada angkot berhenti saya langsung naik utk pulang. saat di dlm angkot saya kaget, krna cewe cantik itu lg duduk sendirian di dalam angkot, saya langsung deg degan dlm hati pingin menyapa tp tdk berani. saat di perjalanan saya liat dia turun nya di daerah randu kurung, di situ memang bnyk pabriknya terutama pabrik yg bnyk cewe nya yaitu pabrik handuk. beberapa hari kemudian saat di kontrakan teman saya yg lain lagi datang. kemudian saya menceritakan kpd teman saya (pangat), saya ketemu cewe cantik di daerah randu kurung, kemungkinan kerja di pabrik handuk, teman saya langsung bilang.. itu pasti NUR, dia cewe paling cantik di pabrik handuk, dia terkenal di pabrik handuk dan pabrik sekitarnya. kemudian saya dan teman saya pergi ke randu kurung tp sblm nya mampir ke kontrakkan temannya teman saya di dkt randu kurung yg kerja bareng dg cewe itu di pabrik handuk. temennya teman saya bilang bahwa ceweitu cewe baik baik, kalem, tdk murahan. shg saya tambah semangat utk kenalan dg cwe itu. kemudian saya ke randu kurung menunggu datang nya cewe itu, beberapa saat kemudian cewe itu nampak turun dari angkot, saya memberanikan diri utk mengikuti dia, saya kemudian menanyakan nama dia, dia jawab namaya NUR rumahnya di andir ciparay. sejak saat itu saya jadi berani menemui dia sendirian, baik di ciparay atau di randukurung tp sayai ingin main ke rumahnya tdk boleh. kemudian saya tanya sdh punya pacar apa blm, dia jawabnya sdh. tp saya tdk menyerah begitu saja, krna tersiar kabar bahwa dia sdh putus dg pacarnya tp dia msh cinta, mungkin cinta pertama. kebetulan ternyata teman nya teman saya (ginanjar) ternyata tetangga nya cewe itu, shg saya dirtunjukkan rumahnya cewe itu. saya dan teman saya (ginanjar) berangkat ke rumah cewe itu, saat di rumah, kami ngobrol dg cewe itu responnya tdk menyenangkan (agak sombong, sok cantik, sok jual mahal). kami pun pulang. tp saya tetap pantang menyerah. sejak saat itu saya jadi berani main ke rumahnya sendirian. tp tetap responnya tdk menyenangkan. tp saya tetap sabar, cewe pendiam dan pemalu memang sulit didekati. saya malah pernah diusir sama dia secara halus. dlm hati saya heran cewe cantik dan lembut spt dia kok galak dan sadis juga. saat saya pulang ke jateng saya kdng menyempatkan diri kirin surat buat dia. thn 2002 saat ke majalaya lagi saya datang ke rumahnya, dia bang kpd saya bahwa dia sebenarnya sdh lama putus dg pacarnya, krna ortu dia tdk setuju, krna cowonya suka mabok dan ugal ugalan. tp dia msh cinta krna cinta pertama. respon dia kp d saya mulai berubah, dia spt agak tertarik dg saya, tp say kemudian pulang kampung, cuma bsa krm surat, meski tdk dibalas. thn 2003 saya ke majalaya lg, saya ke rumahnya, kabarnya mantan pacarnya sering ke rumah nya akhirnya mrka jadian lg shg saya saat main ke rumahnya, respon dia sangat tdk menyenangkan. akhirnya saya pkai jurus pamungkas, saya nekad melamar dia, saya datang ke rumahnya dg ayah saya dan teman ayah saya. saya sdh menduga lamaran
    saya ditolak. saya sbnrnya menghargai nur menolak saya, krna dia sering jadi omongan tetangga, dikira pacarnya bnyk, krna bnyk laki yg datang ke rumahnya, dikira pacarnya bnyk. tp berhubung saya cinta mati dg dia shg saya kejar dia trs. saya akhirnya mundur, kemudian saat saya kerja di tempat yg baru, saat saya sdang jalan jalan saya kenalan dg cewe, beberapaminggu kemudian saya nyari rumahnya, saya malahan dihajar org. beberapa bln kemudian saya kerja nya dipecat, sh gsaya pulang kampung, nganggur. saat di kampung saya msh blm mampu melupakan NUR, saya sering kirim surat kpd dia. setahun kemudian saya dengar kabar dia kan nikah, saya jadi geram, saya jadi sering kirim surat yg isinya kata kata kasar kpd dia selama bebeapa thn shg dia keguguran 3x dan akhirnya thn 2009 dia cerai dg suaminya. mungkin krna dampak nganggur shg saya jadi frustasi. kabarnya dia sdh mau dg saya tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. sbm kenal dg nur sbnrnya saya sdh sering kenalan dg cewe tp tdk ada yg cocok. saat smp dan sma saya blm berani naksir cewe. saya samapai skrng blm mampu melupakan nur. saya sdh berusaha nyari cewe yg lain tp gagal. saya ditolak cewe lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll. saya pernah beberapa kali dijodohkan tp tdk cocok pdhl ada yg secantik nur. saya umurnya 42 thn blm nikah, kerja tdk jelas. dulu saat msh kerja sering dihina teman karena otak dan tenaga saya payah shg mengundurkan diri. nyari kerja lg susah.

  9. Irpani rizal

    Assalammualaikum wr wb,
    Ustad saya mau tanya,saya punya masalah tentang guna-guna ustad atau santet,saya sdh bekeluarga dan alhamdulillah dikaruniai dua anak ustad,masalahnya seperti ini ustad,istri saya merasa dirinya diguna guna dan kel istri saya meyakini bawha orang tua saya lah yang melakukankannya,keluarga istri saya sangat yakin ustad tapi mereka memfitnah orang tua saya tanpa bukti apapun ustad,sedangkan orang tua saya sanggup bersumpah diatas alquran jika dia melakukannya ,dan sekarang orang tua saya sakit hati dengan fitnah ini ustad,apakah salah saya ustad jika saya memutuskan untuk berpisah ustad

Berbagi Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s